Rabu, 07 Maret 2012

Manfaat tidur dalam keadaan suci dan berwudhu


      Tidur dalam keadaan suci dan berwudhu membuat seseorang mmerasakan ketenangan dan dada yang lapang. Keadaan seperti ini membuat turunya kadar hormone kortizon dan bertambahnya hormone leukotriens sehinggan tidur pun menjadi nyaman dan ketika bangun merasa tenang dan bertenaga. Diriwayatkan dari abu hurairah ra ia berkata bahwa rasullulah saw bersabda :
“syaitan akan mengikat ujing kepala orang yang sedang tidur dengan tiga ikatan sehingga menyebabkan tidur menjadi lebih lkama. Apabila dia terbangaun dan menyebut nama allah terlepaslah ikatan yanh pert6ama. Lalau apabila dia berwudhu terlepaslah ikatan yang jedua  kemudian jika dia mengerjakan sembahyanga nterlepaslah  ikatan yang ketiga . maka jadilah dia di bagi hari segar dan bertenaga. Jika tidak maka dia aka n menjadi malas dan lemah.”

Tidur
Dimana tempo tidur  nrem dan stadium stadium nya secara bertahap akan mengalami penguranbn seiring drengan semakain terus berjalannya siklus tidur. [ada dua siklus pertama terjadi 4 stadium yang disebutkan sebelumnya secara keseluruhan. Akan tetapi  ketika maalm sudah semakin larut dan wAktu subuh hamper tiba. Stadium 3 dan 4 pun menghilanag .
Dalam fase tidur terjadi beberapa gangguan tidur (parasomnia ) berikut ini
1.       Convetional sleep dream yaitu bentuk mimpi biasa yang berisiskakn bentuk –bentuk visual
2.       Mimpi buruk yang membuat seseorang terbangun dari tidurnya yang diiringi dengan tanda-tanda ketakutan dan emosi yang meningkat seperti detak jantung yang berdegup kenca ng dan nafas yang tersengal-sengal.
3.       Paralysis sleep yaitu kondisis seseorang yang tersadar dari  tidurnya daj merasa tidak mampu untuk bergerak sama sekali kecuali  bernafads dan menggerakan bola mata
4.       Rapid eye movement sleep behavior disprder yaiutu suatu kondisi saat seseoarng masuk ke dalam fase tidur rem dimana seluruh otot tubuh mengala mi kelum puhan total ke cuali otot pernapasan. Kan tetapi sebagai an porang da yang tidak mengalami kelumpuhan total se[perti ini. Sehingga disaat tidurnnhya ia bisa saja melakukan gerakan yang terjado di dalam mimpinya. Terjkdang gerakan-gerakan tersebut sangat keras sehingga  mencederakan diri nya sednidiri atau orang lain bisa mengingat apa yang terjadi padanya ketika tidur.
Apnea adlah gambaran bagi suatu periode terhentinya bernafasan berulang-ulannng selama lima kali dalam satu jam dan mencapai 400=500 kali dalam satu malam sehingga sangat mengganggu ketenangan tidur orang yang mengalaminya. Selama kondisis ini terjadi, kadar oksigen di dalam darah turun drastic dan mengakibatkan kerja jantung manjadi lebih berat untuk mengatsi kekeurangan oksigen tersebut. Kasusu ini juga bisaa  muncul pada orang yang mengalami penyumbatan salutran pernappasan yang diakibatkakan oleh pembesarn aman del, pembesarn lidah, dan bertambah panjangnya langit-langit mulut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar