Kamis, 12 Maret 2015

Asuhan Keperawatan Low Back Pain

A.    DEFINISI.
Low back Pain dipersepsikan ketidak nyamanan  berhubungan dengan lumbal atau area sacral pada tulang belakang atau sekitar jaringan ( Randy Mariam,1987 ).
Low Back Pain adalah suatu tipe nyeri yang membutuhkan pengobatan medis walaupun sering jika ada trauma secara tiba-tiba dan dapat menjadi kronik pada masalah kehidupan seperti fisik,mental,social dan ekonomi (Barbara).
Low Back Pain adalah nyeri kronik didalam lumbal,biasanya disebabkan oleh terdesaknya para vertebral otot, herniasi dan regenerasi dari nucleus pulposus,osteoartritis dari lumbal sacral pada tulang belakang (Brunner,1999).
Low Back Pain terjadi dilumbal bagian bawah,lumbal sacral atau daerah sacroiliaca,biasanya dihubungkan dengan proses degenerasi dan ketegangan musculo (Prisilia Lemone,1996).
Low back pain dapat terjadi pada siapa saja yang mempunyai masalah pada muskuloskeletal seperti ketegangan lumbosacral akut,ketidakmampuan ligamen lumbosacral,kelemahan otot,osteoartritis,spinal stenosis serta masalah pada sendi inter vertebra dan kaki yang tidak sama panjang (Lucman and Sorensen’s 1993).

Dari beberapa pengertian diatas dapat diambil kesimpulan Low Back Pain adalah nyeri kronik atau acut didalam lumbal yang biasanya disebabkan trauma atau terdesaknya otot para vertebra atau tekanan,herniasi dan degenerasi dari nuleus pulposus,kelemahan otot,osteoartritis dilumbal sacral pada tulang belakang.

B.     ANATOMI DAN FISIOLOGI

Ø  Guna kerangka.
1.      Menahan seluruh bagian-bagian badan (Menopang tubuh).
2.      Melindungi alat tubuh yang halus seperti otak,jantung dan paru-paru.
3.      Tempat melekatnya otot-otot dan pergerakan tubuh dengan perantaraan otot.
4.      tempat pembuatan sel-sel darah terutama sel darah merah.
5.      Memberi bentuk pada bangunan tubuh.
Ø  Ruas-ruas tulang belakang.
Bentuk dari tiap-tiap ruas tulang belakang pada umumnya sama,hanya ada bedanya sedikit tergantung pada kerja yang ditanganinya.
Ruas-ruas ini terdiri atas beberapa bagian :
1.      badan ruas  merupakan bagian yang terbesar,bentuknya tebal dan kuat,terletak disebelah depan.
2.      Lengkung luas.
Bagian yang melingkaridan melindungi lubang luas tulang belakang terletak di sebelah belang dan pada bagian ini terdapat tonjolan yaitu :
a.       prosesus spinosus / taju duri.
Terdapat ditengah-tengah lengkung luas,menonjol kebelakang.
b.      Prosesus tranversum / taju sayap.
Terdapat disamping kiri dan kanan lengkung luas.
c.       Prosesus artikulasi / taju penyendi.
Membentuk persendian dengan ruas tulang belakang (vertebralis).
Ø  Fungsi ruas tulang belakang.
1.      Menahan kepala dan alat-alat tubuh yang lain..
2.      Melindungi alat halus yang ada didalamnya (sum-sum belakang).
3.      Tempat melekatnya tulang iga dan tulang pinggul.
4.      Menentukan sikap tubuh.
Ruas-ruas tulang belakang ini tersusun dari atas kebawah dan diantara masing-masing ruas dihubungkan oleh tulang rawan yang disebut cakram antara ruas sehingga tulang belakang bias tegak dan membungkuk. Disamping itu disebelah depan dan belakangnya terdapat kumpulan serabut-serabut kenyal yang memperkuat kedudukan ruas tulang belakang.
Ditengah-tengah bagian ruas-ruas tulang belakang terdapat pula suatu saluran yang disebut saluran sum-sum belakang (kanalis medulla spinalis) yang didalamnya terdapat sum-sum tulang belakang.


Untuk artikel lengkapnya silahkan download dibawah ini :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar