Selasa, 06 Maret 2012

Manfaat Sholat

        “dan dirikanlah sholat. Sesungguhnya salat mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar.” {al-ankabut[29] : 45}

     Dari kalimat di atas memberitahukakn pada kita tentang perbuatan keji dan mungkar karena perbuatan keji dan mungkar adalah faktor yang paling kuat dalam menyebabkan munculnya kerusakan dan kehancuran dalam masyarakat.
    Ibnu qayyim berkata,”  bisa saja gerakan sholat seeperti berdiri, ruku’ dan sujud itu yang menstrerilakan zat-zat yang ,masiuk ke tubuh dan memberiukan kekuatan  pada daya tahan tubuh. Maka, yakinlah bahwa sholat adalah obat yang sangat baik.”
Manfaat sholat yang lain adalah meningkatkan aktifitas anggita tubuh dan menta;l seseorang. Sholat adalah pembangkit aktivoitas harian yang luar biasa. Bagaimana tidak, sholat adalah jalur ;enghunbunga antara tuhan sang pencipata dengna mahluk ciptaannya sebanyak 5 kali sehari semalam sebabitulah rasulullah saw bersabda “
 “dijadikan penyejuk mataku ada di dalam sholat, wahai billal hiburlah kami dengan sholat.”
Shalat juga merupakan bahan makanan bagi ruh dan hati. Karena keduany asangat m embutuhkan belaian rahmat dari allah swt. Seperti halnya tubuh yang membutuhkan makanan dem9ikiian pula ruh. Maka wajar saja bila keduanya memerlukan makaknan selalau berkesinambungan. Lalu allah pun menjadikan shalat lima waktu sebagai bahan makanan bagi ruh yang waktunya ditetapkan sebanyak lima kalia sehari semlam.
Manfaat sholat yang lain adalah menghilagkan penyakit hati dari sifat dengki terhadap orang lain. Alah sendiri telah mnengaskan bahwa tidak kana sada yang selamat dari penyakit  hati seperti suka

Keutamaan sholat
1.       Salah satu dalill yang juga menunjukian kemuliaan ibadah sholat adalh bahwa alla swt tidak menurunkan kewajhiban sholat melalui perantara malaikat jibrik. Akan tetapai  alla angsung menyampaikan kewajiban tersebut secara langsung pada malam terjadi nya peristiwa isra’  dan mi’raj.
2.       Pada mulanya sholat diwajibkan sebanyak 50 waktu sehari semalam. Ini menunjuka betapa besarnya kecintaa allah terhadap sholat. Kemudian allah memberi keringanan kepada hambanya dengan mengurangi menjadi 5 waktu saja tetapai dengan nilai pahala yang setara dengan 50 waktu .

Ketika melaksanakan sholat zuhur meuslim melakukan 3 relaksasi
a.       Penenangan jiwa yang telah terpengaruh dengan meningkatnya jumlah adrenalai n di penghujung pagi
b.      Menurunkan efek hormion testosterone yang menvapai kadar tertinggi di waktu zuhur
c.       Jam biologis akan meminta kepada tubuh untuk menambah suplai energy apabila seseorang  belum memasok tubuhnya dengan makanan
Sholat ashar
Pada waktu ini berhubungan dengan pencapaian kadar tertinggi yang kedua bagi hormone adrenalian. Yatiu  level yang didiringi dengan tampaknya aktivitas beberapa organ tubuh khususnyay aktivitas beberapa orgon tubuh khususnya bagian jantung. Sebagaimana ke banyakan kondisi [para penderita jantung yang  adrenalain yang kedua di waktu ashar. Sehingga biasa di katakana bahwa jantu ng akan menhadapi  kondisi yang riswkan di waktu yang seperti ini juga berlaku bagi bayi yang baru ;ahir. Diman rata- rata  waktu kematian vayi yang baru lahor akibat lemahntnya jantung terjadi pada jam 2 setelah zuhur hingga jam 4, terlepas dari keyakinan kita bahwa kematian itu sudajh ditentukan waktunya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar