Rabu, 18 Maret 2015

Cara kirim surat lewat pos indonesia

POS Indonesia merupakan instansi yang menyediakan pelayanan jasa pengiriman barang, surat atau uang. Selain ketiga hal tadi , di POS kita juga bisa membayar tagihan listrik dan keperluan rumah tangga lainnya. Tak heran, bila POS Indonesia tetap eksis sampai sekarang. Nah kali ini saya akan membahas tentang bagaimana Cara Kirim Barang Lewat POS Indonesia.

Sebelum mengirim barang, anda harus menyiapkan barangnya yang telah dimasukkan amplop dengan keterangan pengirim dan penerimanya. Apabila anda masih bingung dengan format penulisannya , jangan kawatir !. Saya akan bagikan sedikit pengalaman sebelumnya mengenai format penulisan amplop tersebut. 

Untuk bagian belakang amplop kita isi dengan keterangan pengirim (nama kita, alamat). Bagaimana cara menentukan bagian belakang ? Nah, menurut pengalaman saya, yang dimaksud belakang adalah disaat tutup amplop berada di bagian kanan/ bagian yang tidak ada tulisannya air mail atau yang lainnya. Berikut ilustrasinya :

Pada bagian depan kita isi keterangan identitas pengirim, yakni kita. 
Nama Pengirim : Diisi dengan nama pengirim yakni nama anda.
Alamat : Diisi dengan alamat tempat tinggal anda. Jangan lupa bagian belakang alamat diisi kode posnya. Contohnya , Jalan Pulau Madura No. 1 , Blahbatuh , Gianyar , Bali80581. Namun bila anda tidak tahu, tidak masalah. Nanti petugas POSnya yang akan mengisi.
No. Telp/HP : Lengkapi dengan nomor telepon/HP yang bisa dihubungi.

Selanjutnya kita lengkapi bagian depan. Bagaimana cara menentukan bagian depan ? Gampang ? Tinggal balik bagian depannya. Atau di saat tutup amplop berada dikiri/ bagian yang ada tulisannya air mail atau logo.

 Pada bagian ini , kita isi dengan identitas yang akan menerima. Jangan sampai salah mengisi identitas ini.  Format isiannya hampir sama dengan format isian pengirim. Isi nama penerima dengan nama jelas penerima. Dibawahnya isi identitas alamat. Terakhir lengkapi nomor telepon/HP. Ini berguna disaat kurir belum menemukan alamat penerima. Maka kurir akan menghubungi penerima lewat nomor telepon.

Bagaimana ? Barang sudah siap? Langsung ke POS! Ingat Kantor POS hanya buka Senin - Sabtu sampai jam 12.30 (khusus untuk hari Jumat, sampai jam 11.30). Mungkin di beberapa kantor POS jam pelayanannya beda.
Untuk tata cara pengirimannya sebagai berikut :
  • Datang ke kantor POS terdekat.
  • Sampai disana bila loket pengiriman barang masih ada proses silahkan tunggu dulu dengan duduk-duduk sebentar sampai selesai. Bila tidak ada , langsung saja ke loket.
  • Serahkan kiriman anda pada petugas disana. Kiriman akan diproses. Kadang-kadang bila diperlukan , anda akan ditanyakan nilai barang dan isi barang. Jawab saja kira-kira berapa dan apa.
  • Kemudian tunggu beberapa menit.
  • Setelah selesai anda akan diminta membayar ongkos kirim. 
  • Setelah itu anda akan diberikan Resi yang berwarna kuning.

1 komentar:

  1. thanks udah dicopas ^_^ tapi jgn lupa sumbernya dong gan

    Ini : http://dharmanacyber.blogspot.com/2012/12/cara-kirim-barang-lewat-pos-indonesia.html

    BalasHapus