Jumat, 06 Januari 2012

Menambah virtual memory pada windows 7


Salah satu cara meningkatkan performa ( kinerja ) yang bisa mempercepat windows 7 anda adalah dengan menambah virtual memori (virtual memory). Virtual memory adalah memori  tambahan yang dapat diambil dari ruang kosong ( free space ) yang ada hardisk. Windows menyediakan fasilitas untuk menunjang  ataub meningkatakan performa computer pc  atau notebook. Secara default windows akan mengalokasikan ruang kosong di hardisk anda sesuai dengan batas minimum kebutuhan windows, tetapi dengan pengaturan secara manual, kita dapat menambah ruang virtual memori computer. Memori virtual ini akan digunakan oleh windows secara otomatis jika memori  fisik telah terpakai penuh oleh aplikasi windows, dengan menembah virtual memory maka kita dapat menghindari pesan “ low virtual memory “
Berikut ini adalah prosedur atau car untuk menambah virtual memory windows 7
1.       Klik kanan pada icon computer pilih properties
2.       Pilih advanced system settings
3.       Pilih tabulasin advance,pilih tombol settings
4.       Dalam kotak dialog performance option, pada bagian virtual memory pilihg tombol change
5.       Lepaskan centang “automatically manage paging file size for all drivers “
Pilih options custom size, isi bagian initial size (mb) : 100 (sesuiakan dengan kapasitas ruang kosong di hardisk anda ). Isi bagian maximum size (mb) : 2000 (sesuaikan dengan klapsitas ruang kosomg di hardisk anda bisa lebih besar atau lebih kecil dari nilai tersebut).
Klik tombol set.
6.       Hasilnya akan tampak, pilih ok restart computer anda
Pengaturan virtual memory ini hanya bermanfaat jika kapasitas memory telah pebnuh digunak oleh berbagai aplikasi yang sedang berjalan di computer. Untuk lebih mengoptimalkan kinerja windows maka bisa dilakukan langkah berikut untuk mempercepat windows 7. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar